Rabu, 09 Februari 2011

Untuk Apa Internet itu?

Di jaman yang modern seperti sekarang ini, internet mulai menjadi sebuah kebutuhan bagi kebanyakan individu untuk mengakses informasi, berkomunikasi, berbisnis dan hiburan.

Dengan internet, banyak sekali yang bisa kita lakukan. Browsing atau menjelajah internet seperti mengambil ikan di lautan luas yang tak pernah ada habisnya. Setiap hari kita mendapatkan informasi yang baru dan sedetik kemudian datang lagi berbagai macam informasi yang baru lagi. Seolah datang bak air bah yang tak terbendung.


Dengan banjirnya informasi ini, kita jadi tenggelam di dalamnya, sehingga terkadang kita malah menjadi bingung ketika mendapatkan informasi lebih dari yang kita inginkan. Seperti halnya air, jika kita butuh untuk minum, maka segelas air akan sangat menyejukkan. Tetapi jika kita butuh minum dan yang datang adalah setangki air penuh, maka kita akan menjadi bingung bagaimana menghabiskan air sebanyak itu, bahkan kadang karena saking bingungnya, kita jadi lupa minum dan tidak mendapatkan apa-apa.

Sama halnya dengan dunia informasi ini. Jika kita kebanjiran informasi, kadang bukan manfaat yang kita dapatkan tetapi malah kebingungan. Maka sebaiknya untuk menghadapi hal seperti ini, kita perlu fokus pada informasi yang kita butuhkan pada saat itu. Jika secara tidak sengaja mendapatkan informasi yang lain, walaupun mungkin masih berhubungan, tetapi jika belum diperlukan saat itu, sebaiknya dibuang dulu.

Kita bisa dengan mudah menemukan informasi yang kita butuhkan dengan search engine. Dengan searching kita bisa lebih mudah menemukan informasi yang kita cari di internet.

Dengan internet kita juga bisa berkomunikasi dengan orang-orang di belahan dunia manapun dengan biaya yang relatif murah. Kita bisa berkomunikasi dalam bentuk surat atau email, bisa dalam bentuk chatting atau obrolan dalam bentuk teks, bisa juga chatting dengan voice layaknya kita sedang telepon, bahkan chatting bisa dengan video, jadi kita bercakap-cakap dengan orang lain dengan melihat langsung lawan bicara kita melalui layar monitor dengan alat bantu kamera secara realtime.

Jika kita ingin mengekspresikan diri, diinternet juga ada yang namanya blog. Dengan blog kita bisa menuangkan segala macam ide di pikiran kita. Bagi yang punya hobi menulis, blog adalah tempat yang bagus untuk melatih kemampuan menulisnya. Bagi yang punya hobi-hobi yang lain, juga bisa memanfaatkan blog untuk sharing tentang hobi yang digeluti. Bahkan sekarang blog juga dijadikan tempat atau alat untuk mendulang uang dari internet.

Perusahaan pun sekarang sudah dikatakan ketinggalan jaman jika tidak mempunyai website di internet. Dengan adanya website, perusahaan bisa memperkenalkan produknya kepada masyarakat. Bahkan sampai transaksi pun bisa dilakukan melalui internet. Urusan bisnis menjadi lebih mudah dan hemat dengan menggunakan internet. Follow up bisa dilakukan tanpa harus mengunjungi langsung customer yang mungkin tempatnya sangat jauh sampai ke luar negeri.

Saat ini masyarakat pengguna internet di Indonesia sudah mulai nyaman dengan transaksi online ini. Jadi jika kita punya produk atau jasa akan sangat membantu dalam pemasaran jika dionlinekan.

Bagi dunia pendidikan, tentu internet juga sangat membantu dalam proses belajar. Informasi tentang berbagai disiplin ilmu tersedia di internet. Siswa bisa mendapatkan lebih banyak referensi dan literatur, sehingga bisa lebih memperkaya pengetahuan dan pemahaman. Kalau misalnya dosen berhalangan hadir, mahasiswa bisa diberikan tugas dan bisa dikirimkan lewat email. Untuk membuat makalah atau karya ilmiah jadi semakin mudah dengan banyaknya referensi dan contoh-contoh yang banyak tersedia di internet. Dengan internet, seolah-olah kita mempunyai perpustakaan yang sangat besar dan lengkap yang bisa kita kunjungi sewaktu-waktu.

Untuk bidang hiburan, internet bisa memanjakan penggunanya. Mulai dari download gambar, lagu, film, game, dan sebagainya. Kita juga bisa bermain game dengan pengguna internet lainnya secara online.

Internet adalah kendaraan menjelajah dunia tanpa batas dan tanpa birokrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar