Rabu, 09 Februari 2011

Susahkah Belajar Internet?

Sebenarnya belajar internet sangat mudah. Modal utama untuk belajar internet adalah bisa membaca dan mengetik menggunakan keyboard. Jika mengerti sedikit tentang bahasa Inggris tentu akan sangat membantu, tetapi bukan tidak mungkin orang yang hanya bisa bahasa Indonesia, bisa internet. Karena kebanyakan situs-situs yang sering digunakan sudah mempunyai fasilitas bahasa Indonesia.

Dasar-dasar yang perlu dipelajari tentang internet adalah: browsing, searching, email dan chatting. Keempat hal tersebut merupakan modal utama untuk lebih mendalami tentang internet.

Dari keempat hal diatas, browsing adalah modal yang paling utama dan paling mudah dipelajari. Browsing adalah menjelajah dunia internet dengan alat bantu browser. Jika internet diibaratkan sebuah perpustakaan yang besar, browser inilah yang menjadi pintu gerbangnya.

Cara browsing sangat sederhana, jika kita sudah mempunyai software browsernya, yang biasanya sudah terinstalasi secara otomatis pada komputer, kita tinggal mengetikkan alamat website yang kita inginkan dan semuanya akan tersaji di layar monitor kita.

Searching sebenarnya hampir sama dengan browsing. Bedanya jika browsing, kita sudah mengetahui alamat yang dituju dan tinggal mengetikkan saja. Tetapi jika searching, kita belum tahu alamat yang dituju, jadi harus mencari alamatnya dulu. Atau mungkin jika kita sedang mencari informasi atau referensi yang jumlahnya banyak juga bisa menggunakan fasilitas searching. Untuk bisa melakukan searching kita membutuhkan bantuan sebuah search engine. Beberapa search engine yang terkenal antara lain: google, yahoo, altavista, lycos, bing, dll.

Search engine yang paling terkenal dan paling banyak digunakan adalah google. Bahkan ketika seseorang mencari sesuatu, teman disebelahnya akan mengatakan “cari saja di google”. Jadi google ini semacam ruang informasi atau peta bagi kita untuk lebih mudah menemukan apa yang kita cari.

Email berfungsi sebagai sarana untuk melakukan surat menyurat melalui internet. Kita bisa mengirim pesan ke orang lain di manapun dan kapanpun. Selain untuk surat menyurat, sebuah account email juga bisa menjadi seperti tanda pengenal di dunia internet. Ketika kita akan mendaftar atau mengikuti program-program tertentu di internet, maka biasanya akan diperlukan sebuah account email.

Chatting berguna untuk berkomunikasi dengan pengguna internet yang lain. Kita bisa menggunakannya untuk sharing, konsultasi, follow up atau sekedar say hello kepada saudara dan teman-teman kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar